Total Tayangan Halaman

Sabtu, 18 Februari 2012

Membuat File ISO Bootable untuk Windows XP, Vista, dan 7

Mungkin ada di antara Anda, apalagi yang baru berkenalan dengan dunia komputer, pernah mengalami hal seperti saya, yaitu menyalin (copas) driver Windows yang kita gunakan untuk instalasi ke hard disk dengan cara biasa atau tidak menggunakan aplikasi tertentu. Akibatnya jika hasil salinan tersebut kita bakar ke CD/DVD, maka tidak menghasilkan CD/DVD Windows yang "bootable".

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat salinan driver Windows tersebut menjadi CD/DVD Windows yang "bootable"? Caranya adalah sebagai berikut.
  1. Unduh aplikasi yang bernama WBI (Windows Bootable Image) Creator. Link unduh ada di akhir postingan.
  2. Ekstrak file tersebut dan jalankan aplikasi exe-nya. Aplikasi ini bersifat portable jadi tidak perlu diinstal. Selanjutnya klik "Next". 
  3. Terdapat beberapa pilihan OS dan buatlah label sesuai keinginan kita. Pada bagian Setup Location, arahkan ke folder yang berisi salinan installer Windows. Pada Output Path, tentukan lokasi hasil penyimpanan data nantinya. Selanjutnya klik "Go".
  4. Setelah proses pembuatan "file bootable image" selesai, Anda bisa klik tombol Close. Aplikasi ini akan langsung menampilkan target path yang sudah Anda tetapkan sebelumnya.
  5. Terakhir bakar "file bootable image (ISO File)" tersebut ke CD/DVD menggunakan USB DVD Tool, Power ISO, Ultra ISO, ataupun aplikasi sejenis. Semoga bermanfaat.
Link Unduh:
Windows Bootable Image Creator


0 komentar:

Posting Komentar